Dewan Paroki adalah persekutuan para pelayanan umat Allah yang terdiri dari imam sebagai wakil Uskup dan biarawati serta kaum awam sebagai wakil umat, bersama-sama melaksanakan tugas dan panggilan untuk terlibat dalam tritugas Kristus, yakni menguduskan, mewartakan, mengembalakan dalam semangat persaudaraan dan cinta kasih.

Tujuan, Fungsi, Wewenang dan Tanggung Jawab

Tujuan

Dewan Paroki bertujuan:

  1. Menyelenggarakan tata penggembalaan yang melibatkan, mengembangkan dan memberdayakan seluruh umat dalam hidup dan karya paroki untuk menemukan ungkapan dan perwujudan iman yang khas sesuai semangat/spiritualitas Santa Maria Assumpta yang menjadi pelindung Paroki Gamping.
  2. Membangun kerjasama dengan siapapun yang berkehendak baik dalam hubungan antar agama dan kepercayaan, mengembangkan pola hidup dan pola pikir dalam masyarakat yang majemuk, dan memperhatikan yang kecil, lemah, miskin, tersingkir, dan cacat.

Fungsi

Dewan Paroki berfungsi sebagai wadah pelayanan dan koordinasi keterlibatan seluruh umat dalam melaksanakan panggilan dan tugas perutusan Gereja.

Wewenang dan Tanggung Jawab

  1. Dewan Paroki berwenang mengambil keputusan reksa pastoral yaitu memelihara dan mengembangkan iman umat yang dijiwai oleh semangat Kristus Sang Gembala dalam kesatuan dengan arah pastoral Keuskupan Agung Semarang.
  2. Dewan Paroki bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan kepada umat paroki dan Uskup Keuskupan Agung Semarang.